Gagasan Sandi yang Menggerus Ide Jokowi "Pengangguran Digaji"

- Maret 18, 2019
tvri
Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengatakan bahwa dirinya akan mengembangkan program One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship (OK OCE) ke tingkat nasional jika terpilih memimpin Indonesia. Diketahui, OK OCE merupakan program milik Sandi ketika menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan.

"Mereka mungkin bisa diarahkan menjadi wirausaha. Seandainya mereka bisa menjadi wirausaha, mereka bisa bergabung dengan OKE OCE," kata dia pada Ahad (17/3/2019) malam.

Program OK OCE dinilai mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Jakarta telah menerima manfaat dari program OK OCE yakni berkurangnya angka pengangguran.

"Di Jakarta, OKE OCE sudah bisa menurunkan pengangguran sebanyak 20 ribu di 2018. Kami sudah melihat hasil yang nyata dan sudah mendapat review yang positif," ungkap dia.



"Ke depan kami yakin dengan pendidikan di rumah siap kerja, bukan hanya meningkatkan keterampilan, tapi membuka peluang. Karena seorang pengangguran tidak butuh butuh belas kasih, yang dibutuhkan adalah peluang," kata Sandi, menambahkan.

Kalimat Sandi tersebut seolah menjadi antitesa atas gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  yang mengatakan akan memberikan gaji bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan.

Jokowi sempat menegaskan pemegang kartu prakerja akan mendapatkan honor dalam kurun waktu tertentu selama yang bersangkutan belum bekerja atau menganggur. Kartu prakerja merupakan bagian program baru Jokowi, selain kartu KIP Kuliah dan kartu sembako murah.

"Sebelum mendapat pekerjaan nanti yang megang kartu ini akan diberikan insentif, honor," kata Jokowi saat sambutan dalam acara Parahyangan Bersatu di Bandung Barat, Jawa Barat, Ahad (10/3/2019).
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search