Dua Golongan Putih Itu Haram, Bro!

- Maret 26, 2019
Detikcom


Sebal memang dengan orang punya hak pilih tapi sok-sokan nggak mau menggunakan hak pilihnya. Sebuah sikap yang nggak punya sikap.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memberikan alarm pada masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya pada pencoblosan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

MUI menyarankan untuk tidak menjadi golongan putih (golput) .  Sebab bersikap tidak memilih alias golput, hukumnya haram.

"MUI minta masyarakat Indonesia harus menggunakan hak pilihnya," ujar Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional MUI Muhyiddin Junaidi di kantor wakil presiden, Jakarta, Senin (25/3).



Muhyiddin mengatakan haramnya golput telah diatur dalam fatwa MUI tahun 2014.

"Haram. Golput itu haram," katanya.

"Kalau kita tidak gunakan hak pilih kita kemudian terjadi chaos itu kesalahan Anda," ucap Muhyiddin menambahkan.

_Sama Sama Golongan Putih_

Capres pejawat Joko Widodo (Jokowi) mengajak pendukungnya datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang dengan menggunakan kostum putih.

Bapak yang belakangan bilang "saya marah" itu menyebutkan kain putih sudah menjadi ciri khas dirinya bersama pasangannya Kiai Ma'ruf Amin.

"Ajak mereka semuanya ke TPS memakai baju putih, memakai baju putih, karena yang akan dicoblos itu bajunya juga putih. Karena putih adalah kita, kita adalah baju putih," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

So, sebagai umat Islam, tampaknya kita mengikuti apa yang dikatakan oleh Ulama dalam hal ini MUI. Haram untuk menjadi golongan putih alias tidak menggunakan hak pilih, atau haram memilih yang mengajak berpakaian putih yang kata temen penulis yang warganet julid "Anjir ngerepotin orang suruh pakai putih!"

Dua buah ajakan yang tampaknya membuat berbagai kalangan akan bilang "Ahsiaap!"

By: @Paramuda
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search