Dituding Tak Percaya TNI oleh Jokowi, Ini Jawaban Telak Prabowo

- Maret 30, 2019
Capres Joko Widodo menilai kekhawatiran capres Prabowo Subianto soal TNI itu hanya menunjukkan bahwa Prabowo tak percaya kekuatan TNI Indonesia.

"Saya melihat Pak Prabowo tidak percaya pada TNI kita. Saya yang sipil, saya sangat percaya kepada TNI yang kita miliki, sangat percaya" ujar Jokowi di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3).

Kepercayaannya ini bukan tanpa sebab. Ia mengaku telah menyaksikan diri bagaimana sistem pertahanan dan keamanan negara telah dibangun di berbagai pelosok di Indonesia.

"Saya lihat sendiri kok dibangun di sana, di Sorong juga sudah mulai dibangun. Saya cek ada benar barangnya," tutur dia.

Menjawab hal itu, capres Prabowo mengatakan, "Pak Jokowi tolong penasihat militernya, bukannya saya tidak percaya sama TNI. Kapal selam berapa yang kita miliki, jenis berapa, kemampuannya berapa. Pesawat berapa, kita negara seluas Eropa, berapa skuadron fighters yang kita punya, peluru kendalinya berapa," tuturnya.

Menurut dia, diplomasi bukan hanya soal menjadi mediator. Tetapi, sambung dia, diplomasi harus bertujuan untuk kepentingan nasional.

"Tetapi diplomasi tidak bisa hanya dengan menjadi mediator, itu penting, tetapi ujungnya diplomasi itu merupakan bagian dari upaya mempertahankan kepentingan nasional, inti sebuah negara," ucapnya.*

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search