Makna Agama Bagi Rocky Gerung

- Februari 10, 2019
Pengamat politik dan pengkritik rezim Rocky  Gerung memiliki pandangan sendiri soal agama.

"Agama itu semacam tabungan seseorang. Untuk membuat dia nyaman kalau dia nanti meninggal. Jadi asuransi di sana," kata dia pada 6 Februari pada sebuah tayangan wawancara.

"Kalau saya terangkan ke publik nanti dibilang menghina agama. Saya terangkan konsep orang beragama kan saya tidak tahu apa yang ada di depan. Ya asuransi saja. Nama asuransinya agama," kata dia.



Ia sering katakan agama itu sebagai konsep. Nanti ia khawatir ditanya asuransinya berapa preminya berapa, "Kan ngaco. Menerangkan sesuatu yang konseptual, abstrak, disuruh membuktikan yang konkret. Nah itu kekacauan terhadap saya kemarin (kitab suci fiksi)," ungkapnya.

Ia mengaku hobi bicara kitab suci dalam konstruksi abstraksi sebagai konsep kemudian ditagih kitab suci yang mana (yang fiksi).

"Kalau saya sebutin cukup tidak kitab suci enam agama atau tujuh agama. Yang potensi sebagai kitab suci fiksi itu ada. Kesempitan perspektif orang yang menuduh saya mengajak orang tidak beragama gara-gara kitab suci itu fiksi. Itu kan menyimpulkan hal yang dungu," kata dia.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search