Cawapres Boleh Tidak Hadir di Debat Kedua

- Januari 24, 2019
goriau
Para calon wakil presiden (cawapres) bisa hadir atau tidak hadir dalam debat kedua pilpres pada 17 Februari nanti. Alasannya debat kedua nanti hanya akan mempertemukan calon presiden saja. Demikian dikatakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra.

"Setahu saya yang kedua ini hanya capres saja. Namun, bisa saja (cawapres) diundang nanti," ujar Ilham di Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

Ilham mengatakan bahwa secara prinsip yang melakukan debat nantinya hanya capres saja. Dalam konteks pilpres, maka hanya capres Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto yang akan beradu argumen.

Jika cawapres Ma'ruf Amin dan cawapres Sandiaga Uno akan hadir bersama rombongan tim sukses, kata dia, tetap diperbolehkan. Meski debat hanya untuk capres, KPU tidak melarang para cawapres hadir di lokasi untuk menyaksikan debat secara langsung.

Para cawapres, kata dia, bisa diundang atau masuk ke dalam daftar undangan para pendukung masing-masing capres. Namun, KPU juga tidak mewajibkan para cawapres itu harus hadir langsung. "Tidak diwajibkan mau datang atau tidak datang. Jika ingin datang silakan, sementara kalau mau tidak datang juga boleh," ungkapnya.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search